Sate merupakan menu utama dalam setiap masakan pada upacara aqiqah. Maka banyak dari pelanggan di penyedia jasa aqiqah memesan makanan yang telah di paking menggunakan dus dengan menu utama sate kambing dan juga menu atau lalapan lainnya. Dan ada salah satu sate dengan menu khas yang juga banyak yang suka.

Pernah mendengar menu sate klatak? Sate klatak merupakan sate yang berbeda dengan sate lainnya. Sate ini dipanggang menggunakan bahan daging kambing muda agar tidak kenyal. Sate biasanya di panggang dan dilumuri dengan bumbu yang diracik agar sedap. Tapi untuk sate klatak di panggang dengan garam tanpa bumbu dan biasanya dimakan bersama dengan gulai yang panas.

Sate Klatak
Penyajian sate klatak dengan kuah gulai. Sumber IG @roysuhartono

Penyajian Yang Unik

Meskipun hanya menggunakan garam dan merica saja tetapi untuk rasa dijamin enak. Selain menggunakan garam saja dalam memangang yang unik lagi dari sate ini adalah penyajiannya tidak menggunakan tusuk sate dari kayu akan tetapi menggunakan besi. Biasanya sate ditusuk menggunakan ruji sepeda.

Pada sate klatak tekstur daging yang telah di panggang tidak akan terlalu kenyal karena menggunakan kambing muda dan tusuk sate dari besi. Hal ini dimaksudkan agar daging pada bagian tengah tetap matang karena terkena panas saat sate di panggang. Maka tak perlu khawatir jika ada yang kurang menyukai sate karena alasan terlalu kenyal.

Sate Khas Pleret Bantul

Sate yang terkenal tersebut merupakan kuliner asli daerah Pleret, Bantul. Tepatnya adalah di jalan Imogiri Timur Dusun Jejeran, Wonokromo. Maka tak heran jika sebagian besar pedagang sate klatak yang ada di sepanjang jalan Imogiri Timur tersebut adalah warga Jejeran.

Dusun Jejeran adalah dusun yang banyak terdapat penghafal Al Quran dan banyak terdapat pondok pesantren. Selain sebagai pedagang kambing atau pedagang sate sebagian warganya membuka usaha rental kendaraan. Salah satu perusahaan bus wisata Jogja terkenal berada di dusun ini baik kantor dan juga garasinya.

Warung Sate Yang Berderet

Sate klatak banyak dijual di sepanjang jalan Imogiri Bantul. Jika anda melewatinya maka perhatikan dari utara setelah perempatan Brimob ke selatan pasti akan banyak warung sate yng menjajakan sate klatak. Dan uniknya lagi diantara warung sate tersebut meskipun letaknya bersebelahan tetapi masing masing warung memiliki pelanggan sendiri sendiri dan semuanya laku.

Bahkan tidak ada warung sate yang tutup karena bangkrut tidak laku. Tiap warung memang berbeda volume pengunjungnya dan dari beberapa warung sate di jalan Imogiri tersebut yang paling terkenal adalah warung sate Pak Pong yangg terletak di dekat stadion Sultan Agung.

Rahasia Sate Klatak

Sate yang empuk dan gurih ternyata ada rahasianya dalam pengolahannya. Di bawah ini adalah rahasianya agar daging tetap empuk ketika di panggang

Daging kambing jangan dicuci

daging kambing yang telah dipotong tidak perlu dicuci ketika akan diolah. Selain menimbulkan bau prengus pencucian daging kambing akan menghilangkan aroma dari daging itu sendiri.

Daging diempukkan dahulu

Proses membuat daging agar menjadi empuk ada dua cara. Yang pertama adalah dengan mencampur daging dengan parutan nanas. Jadi nanas yang telah diparut bisa di lumurkan ke daging dan di diamkan selama sepuluh menit sebelum daging diolah. Cara yang kedua adalah dengan membungkus daging dengan daun pepaya dan didiamkan selama satu jam. Dengan langkah seperti itu maka daging kambing yang akan diolah akan menjadi empuk dan aromanya tetap terjaga.

Memasak atau memanggang dengan api kecil

Dalam memasak atau memanggang daging kambing tidak perlu menggunakan api atau bara yang besar. Jika menggunakan api besar maka proses matangnya tidak akan maksimal/ gunakan api yang kecil akan tetapi tunggulah prosesnya meskipun agak lama. Dengan cara seperti ini maka daging akan matang secara merata.

Sate Klatak
Penyajian sate dengan ruji merupakan keunikan tersendiri dari sate klatak. Sumber IG @suprihatin_soeradi

Demikian uraian mengenai sate klatak. Dan kuliner khas seperti ini juga bisa dijadikan menu aqiqah. Perusahaan aqiqah Jogja yang sudah berpengalaman yaitu Zalfa Aqiqah juga menerima pesamam katering aqiqah dengan menu sate klatak. Jaminan dari Zalfa Aqiqah adalah sate atau makanan dari bahan kambing yang akan anda pesan dijamin tidak akan berbau prengus.