Trimester pertama merupakan waktu paling kritis dalam masa kehamilan maka nutrisi ibu hamil trimester pertama perlu diperhatikan. Meskipun panjang  janin hanya 4 inci dan berat kurang dari satu ons pada akhir tiga bulan, namun semua organ tubuh janin mulai terbentuk pada trimester ini, seperti jantung, sistem saraf, lengan, hingga jari tangan dan kaki.

Untuk itu nutrisi ibu hamil pada trimester pertama perlu lebih diforsir lebih banyak agar bisa menunjang perkembangan organ dan juga pemenuhan nutrisi ibu hamil agar bayi cerdas.

Nutrisi Ibu Hamil Trimester Pertama
Nutrisi Ibu Hamil perlu diperhatikan pada trimester pertama. Sumber pexels

Sumber nutrisi ibu hamil trimester pertama

Pada trimester pertama akan banyak perubahan dalam tubuh ibu hamil. Kondisi ini juga dibarengi dengan emesis atau mual pada awal kehamilan. Ada baiknya bumil dibuat senang agar semisal dengan merubah desain interior rumah atau hadiah lainnya dari suami.

Perlu diingat, ibu hamil harus tetap memenuhi nutrisi untuk kebutuhan janin. Walaupun terkadang banyak ibu hamil yang susah untuk makan di awal kehamilan, bisa diantisipasi dengan meminum susu khusus ibu hamil. Berikut beberapa sumber nutrisi yang perlu dipenuhi ibu hamil saat trimester awal.

Sayur dan buah

Makanlah 4 sampai 5 porsi sayuran dan buah setiap hari, untuk mencukupi kebutuhan vitamin C, vitamin A dan asam folat, serat dan mineral. Mengonsumsi makanan yang kaya akan serat membantu menjaga usus halus dan dapat mengurangi risiko ibu hamil terkena wasir dan sembelit. Smoothies yang terbuat dari campuran pisang, granola dan blueberry bisa menjadi opsi menu sarapan bumil.

Karbohidrat

Makanan yang mengandung karbohidrat juga sangat penting dikonsumsi setiap makan. Seperti roti, sereal, nasi, pasta, dan aneka olahan gandum. Sangat dianjurkan agar bumil mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti beras merah, oatmeal, dan kacang-kacangan agar energi bisa bertahan lebih lama.

Susu dan yoghurt

Nutrisi ibu hamil trimester pertama selanjutnya adalah susu dan yoghurt. Susu dan yoghurt juga sangat bagus untuk perkembangan janin. Ini berperan penting dalam pembentukan tulang dengan lebih baik. Bila tidak cocok dengan susu sapi, susu kedelai bisa menjadi opsi pilihan lain bagi bumil. Yoghurt juga kaya akan kandungan yodium yang dapat mencegah bayi lair dengan berat badan lahir rendah

Daging dan ikan

Menu harian wajib yang tidak kalah penting adalah daging dan ikan. Dapat juga ditambah dengan ikan yang banyak mengandung omega 3 seperti salmon. Serta makanan yang mengandung protein, zat besi dan asam folat seperti telur, dan kacang-kacangan. Bila bumil ingin menu yang tidak mengandung kalori terlalu banyak pilihlah menu susu rendah lemak. 

Makanan Dan Hal Yang Harus Dihindari Ibu Hamil Trimester Pertama

Selain mempersiapkan dan memperhatikan nutrisi ibu hamil trimester pertama, ternyata pada kehamilan trimester ini juha harus memperhatikan makanan yang sebaiknya di hindari. Jangan sampai kita sudah memberi asupan nutrisi ibu hamil trimester pertama tetapi kita tidak menghindari makanan yang sebaiknya dihindari pada trimester ini.

Hindari makanan dan minuman yang mengandung lemak dan garam tinggi, dan gula seperti permen, makanan olahan, dan minuman bersoda. Minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh juga tidak disarankan dikonsumsi dalam jumlah yang banyak selama masa kehamilan.

Penelitian di amerika menyarankan bumil agar membatasi konsumsi kafein kurang dari 200 mg per hari. Hal ini karena kafein dapat diserap oleh plasenta dan ketidakmampuan janin memecah senyawa ini dapat mengakibatkan bayi lahir dengan cacat fisik atau keguguran.

Makanan yang tergolong mentah juga tidak dianjurkan dikonsumsi selama masa kehamilan terutama saat trimester pertama. Seperti daging mentah, ikan mentah, telur mentah, sushi dan sashimi. Makanan-makanan ini perlu dihindari ibu hamil karena berisiko mengandung parasit, bakteri, dan racun yang bisa membahayakan kehamilan.

Selama masa kehamilan nutrisi ibu hamil trimester pertama sangat berperan penting dalam perkembangan janin. Untuk menjaga kestabilan perkembangan disarankan sebaiknya bumil menjaga diri dari paparan asap rokok. Hal ini karena senyawa kimia yang terdapat pada rokok bisa masuk ke dalam tubuh bumil dan dapat meracuni janin dalam kandungan. Tak hanya itu, paparan asap rokok juga bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh bayi, meningkatkan risiko premature, hingga menghambat pertumbuhan otak janin.

Nutrisi Untuk Ibu Hamil Trimester Pertama
Susu dan yoghurt bagus untuk ibu hamil. Sumber pexels

Demikian penjelasan mengenai nutrisi ibu hamil trimester pertama. Dan setelah bayi lahir maka jangan lupa untuk segera diaqiqahkan. Dan kini sudah hadir jasa katering aqiqah Jogja yang menyediakan kambing untuk keperluan aqiqah sekaligus pengolahannya menjadi masakan siap saji dan siap santap. Sehingga dengan jasa ini kita tidak perlu memikirkan pembelian kambing dan pengolahannya.