Nutrisi ibu hamil trimester pertama berbeda dengan nutrisi ibu hamil trimester kedua. Pemberian asupan nutrisi pada trimester kedua juga tidak kalah penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janinnya. Pada saat trimester kedua kehamilan, janin dalam kandungan akan mengalami perkembangan dan pertumbuhan penting yang akan berdampak pada fase perkembangan selanjutnya.

Nutrisi Ibu Hamil trimester Kedua
Bayi yang lahir sempurna tentu didukung oleh nutrisi yang cukuo. Sumber pixabay

Apa yang terjadi selama trimester kedua?

Pada trimester kedua kehamilan, di dalam kandungan, janin akan banyak menunjukkan perkembangannya. Hampir semua bagian tubuh dan organ bayi sudah terbentuk. Saat janin berusia 15 minggu, tulang bayi mulai terbentuk dan memadat.

Di gambar USG pola kepala dan rambut bayi juga sudah mulai terlihat. Selain itu, saraf, organ, dan ototnya sudah mulai berfungsi. Pada saat usia kehamilan 27 minggu atau akhir dari trimester kedua, paru-paru dan sistem saraf bayi mulai matang. Untuk mendukung perkembangan ini tentunya banyak nutrisi penting yang dibutuhkan.

Apa saja nutrisi ibu hamil trimester kedua yang harus dipenuhi?

Nutrisi ibu hamil trimester kedua hampir sama dengan nutrisi ibu hamil trimester pertama kehamilan. Beberapa nutrisi penting untuk dicukupi ketika trimester pertama tetapi harus dicukupi juga selama trimester kedua.

Hal ini dikarenakan pada saat trimester kedua, janin masih dalam kondisi perkembangan organ. Sehingga organ akan berkembang baik jika nutrisi yang masuk juga cukup. Berikut ini disajikan beberapa nutrisi trimester kedua yang penting dipenuhi oleh bumil:

Folat

Kebutuhan folat masih penting dipenuhi selama trimester kedua. Jumlah kebutuhan folat yang harus dipenuhi selama trimester kedua adalah sebesar 600 mikrogram setiap hari.

Pemenuhan nutrisi folat ini sangat penting untuk memitigasi risiko bayi cacat lahir. Beberapa makanan yang mengandung folat antara lain seperti ayam, jeruk, sayuran hijau, kacang-kacangan dan ikan atau kerang.

Omega-3

Omega-3 diperlukan untuk menunjang perkembangan otak dan saraf janin dalam kandungan. Omega-3 juga tergolong asupan penting untuk nutrisi ibu hamil trimester kedua. Pemenuhan omega-3 yang baik selama trimester kedua kehamilan dapat mempengaruhi perkembangan penglihatan, pemahaman bahasa dan memori di masa selanjutnya.

Ibu hamil akan butuh omega-3 sebesar 1,4 g selama masa kehamilan. Kebutuhan omega-3 bisa dicukupi dengan mengkonsumsi ikan salmon, sarden, tuna, telur dan minyak walnut.

Kalsium

Pada saat trimester kedua, terjadi pembentukan dan pemadatan tulang dalam tubuh bayi. Sehingga, kebutuhan kalsium akan cukup tinggi dan penting untuk dipenuhi. Kebutuhan kalsium bumil pada masa ini adalah sebesar 1200 mg per hari.

Nutrisi kalsium bisa dipenuhi dengan mengkonsumsi keju, susu, yogurt, sayur bayam dan brokoli, kacang kedelai, telur, dan serta ikan sarden. Sehingga ibu hamill yang memasuki trimester kdae usangat penting untuk mengkonsumi makanan ini.

Zat besi

Mendekati waktu persalinan kebutuhan zat besi bumil semakin tinggi. Zat besi dibutuhkan untuk mendukung pembentukan sel-sel darah merah yang makin meningkat.

Kebutuhan zat besi yang harus dipenuhi selama trimester kedua adalah 35 mg. Ibu hamil bisa memenuhi kebutuhan zat besi ini dengan mengkonsumsi daging merah, kuning telur, sayuran hijau, dan kacang-kacangan. 

Seng

Sama halnya seperti zat besi, selama trimester kedua kebutuhan seng akan makin meningkat. Kebutuhan nutrisi seng pada trimester kedua adalah sebesar 14 mg. Kebutuhan seng yang tidak tercukupi akan berdampak pada risiko bayi cacat lahir, kelahiran prematur, dan keterbatasan pertumbuhan bayi.

Untuk itu, ibu hamil yang menginginkan bayinya lahir sehat perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung senyawa seng di dalamnya seperti daging merah, sayuran hijau, seafood, dan kacang-kacangan.

Nutrisi Ibu Hamil Trimseter Kedua
Daging ikan salmon sangat baik untuk ibu hamil.

Perhatikan kenaikan berat badan bumil

Pada saat trimester kedua perubahan bentuk tubuh akan semakin jelas. Bumil akan mengalami kenaikan berat badan yang cukup banyak, tergantung nutrisi ibu hamil trimester kedua yang dipenuhi. Kenaikan berat badan selama masa kehamilan ini bertujuan untuk menyediakan asupan untuk menyusui setelah melahirkan.

Demikian ulasan mengenai nutrisi ibu hamil trimester kedua yang harus dicukupi. Dengan memberikan nutrisi selama kehamilan diharapkan bayi yang lahir akan sehat dan lahir dengan sempurna. Taka lupa selain memberikan nutrisi yang cukup, bayi yang lahir hendaknya di doakan dan dibacakan Al Quran sejak dalam kandungan.

Demikian pula ketika sudah lahir maka segera di aqiqahkan selagi mampu. Karena aqiqah merupakan perintah Allah yang hendaknya kita penuhi. Untuk layanan aqiqah Jogja yang menjamin daging kambingnya tidak berbau prengus adalah Zalfa Aqiqah dan anda bisa mempercayakannya untuk menyediakan kambing aqiqah disini.