Dalam membangun suatu keluarga tentu saja pasangan suami istri berharap untuk mendapatkan seorang anak yang sehat. Bahkan pasangan rumah tangga yang merencanakan program kehamilan senantiasa menyiapkan nutrisi ibu hamil agar bayi cerdas. Hal ini bertujuan agar bayi yang dilahirkan kelak menjadi anak yang cerdas. Kelahiran anak yang baru lahir memang memberikan warna dan kebahagiaan tersendiri bagi orang tua, keluarga, kerabat dan orang terdekat lainnya.

Melaksanakan aqiqah bahkan bisa menjadi pelengkap kebahagiaan, selain mengikuti tuntutan agama. Namun, dalam pelaksanaan aqiqah tidak semua orang memahami akan anjurannya atau karena kondisi ekonomi belum memungkinkan sehingga pelaksanaan aqiqah anak umur setahun berjalan. Lalu, aqiqah anak umur setahun bolehkah? Dan bagaimana pelaksanaannya? Simak penjelasan berikut ini.

Aqiqah Anak umur 1 Tahun

Bolehkah mengaqiqahi Anak Umur Setahun?

Aqiqah sangat dianjurkan. Salah satu dasar dari dianjurkannya aqiqah adalah hadits berikut ini;

“Setiap bayi tergadai dengan aqiqahnya, disembelihkan (kambing) untuknya pada hari ke tujuh, dicukur dan diberi nama” [HR Abu awud, no. 2838, at-Tirmidzi no. 1522, Ibnu Majah no. 3165 dll dari sahabat Samurah bin Jundub Radhiyallahu anhu.)

Hadits di atas menerangkan jika setiap bayi yang baru lahir itu tergadai dengan aqiqahnya. Artinya, memang sangat dianjurkan untuk melaksanakan aqiqah bagi keluarga yang mampu melaksanakannya. Bagi anak laki-laki 2 kambing dan anak perempuan 1 kambing. Mengenai jumlah hewan yang telah ditentukan ini tidak bisa ditawar lagi. Sehingga bagi Anda yang memiliki bayi laki-laki, maka siapkan budget untuk mengaqiqahinya dengan 2 kambing dan jika perempuan dengan 1 kambing.

Pelaksanaan aqiqah ini seperti sudah dijelaskan, jika sebaiknya aqiqah dilakukan 7 hari setelah bayi lahir. Jika pada hari ketujuh belum memungkinkan, maka diberlakukan kelipatannya yakni 14 hari, 21 hari, 28 hari dan seterusnya. Namun, bagaimana jika usia anak sudah setahun dan belum diaqiqahi? Bahkan ada juga yang sampai 4 tahun hingga dewasa belum diaqiqahi karena berbagai sebab dulunya.

Menjawab pertanyaan tersebut, aqiqah anak umur setahun atau lebih boleh atau tidak, berdasarkan dalil yang dikutip di atas, maka banyak ulama berpendapat tetap anak itu tergadai dengan aqiqahnya. Sedangkan jika sudah baligh, ulama juga berbeda pendapat. Dan yang paling mashur adalah pendapat bahwa jika sudah baligh maka orang tua terlepas dari tanggung jawab untuk mengaqiqahkan anaknya.

Nah, untuk aqiqah anak umur setahun, disunahkan tetap melakukan aqiqah karena kondisi anak belum baligh. Sehingga bagi Anda yang saat ini memiliki anak usia satu tahun atau lebih dan belum melaksanakan aqiqah, disunnahkan untuk melakukannya. Lalu, bagaimana tata pelaksanaannya?

Pelaksanaan Aqiqah Anak Sudah Umur Setahun

Tata pelaksanaan aqiqah anak dengan umur setahun ini tidak ada bedanya dengan aqiqah bayi baru lahir setelah 7 hari. Jadi, semua sama saja. Begitu pula dengan memakan sebagian, tidak ada larangan untuk memakan sebagian daging aqiqah. Bahkan, membagikan daging dalam keadaan matang atau mentah pun tidak ada permasalahan. Hanya saja, umumnya membagikan (sedekah) daging aqiqah yang sudah matang.

Tentunya, di sini ada cukup banyak pilihan menu aqiqah yang bisa dibagikan. Umumnya, daging dibagikan dengan bentuk gulai dan sate. 1 kambing, bisa dibuat untuk 70 porsi gulai dan sekitar 250an tusuk sate. Untuk membuat aqiqah lebih menarik, biasanya dilengkapi dengan nasi, kerupuk, acar dan buah seperti pisang atau potongan buah semangka. Ini sesuai selera dan budget saja.

Pastikan Anda memilih lembaga aqiqah terpercaya yang melaksanakan prosesi aqiqah dari pemilihan kambing hingga penyembelihan sesuai dengan syariat Islam. Tentunya, daging yang dimasak juga empuk, enak dan tidak bau amis. Adapun untuk menu tambahan seperti nasi, kerupuk, acar dan buah itu bisa menyesuaikan dengan budget.

Aqiqah Anak umur 1 Tahun

Silahkan konsultasikan masalah aqiqah kepada jasa aqiqah Jogja yang terpercaya termasuk jika Anda bingung tentang aqiqah anak umur setahun. Insyaallah, kami akan memberikan pelayanan terbaik untuk membantu proses aqiqah anak Anda yang sudah berumur 1 tahun. Semoga, dengan dilaksanakannya aqiqah di umur 1 tahun ini, kita termasuk golongan orang-orang yang mengikuti sunnah nabi, aamiin.