Perjuangan ibu hamil sangatlah berat. Pada ibu hamil, semakin lama perut semakin membesar dan semakin berat. Usia kehamilan terus berjalan sampai memasuki masa trimester ketiga. Pada saat ini biasanya bumil akan sibuk mempersiapkan kelahiran bayi dengan membeli perlengkapan kelahiran.

Namun, jangan lupa untuk terus mencukupi nutrisi ibu hamil trimester ketiga. Pada saat trimester ketiga, bayi masih mengalami pertumbuhan dan perkembangan sehingga nutrisi ibu hamil agar bayi cerdas juga sangat diperlukan saat melewati masa ini.

Perkembangan Kehamilan Selama Trimester Ketiga

Masa kehamilan trimester ketiga berlangsung saat usia kehamilan mencapai 28 minggu. Pada masa ini, bayi dalam kandungan sudah mulai terlihat bentuknya ketika di USG. Seluruh organ penting dalam tubuh bayi juga sudah mulai berfungsi. Sekitar minggu ke-32, tulang bayi juga sudah berkembang sepenuhnya. Namun, sistem saraf bayi masih dalam proses perkembangan pada trimester ketiga ini.

Nutrisi Ibu Hamil Trimester Ketiga
Ikan mengandung berbagai nutrisi untuk ibu hamil. Sumber Unsplash

Pada trimester ketiga, berat badan bayi akan terus bertambah dengan cepat, sekitar 225 gram dalam setiap minggu. Bayi dalam kandungan juga mulai menyimpan beberapa mineral dalam tubuhnya, seperti kalsium dan zat besi. Sehingga, bumil tetap perlu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang tinggi selama trimester ketiga ini.

Nutrisi Ibu Hamil Trimester ketiga Yang Harus Dipenuhi

Nutrisi trimester ketiga bisa dibilang hampir sama dengan nutrisi ibu hamil trimester kedua. Pertumbuhan bayi dalam kandungan yang terus berlanjut dan persiapan bayi untuk dilahirkan membuat bumil harus memenuhi banyak nutrisi penting. Berikut beberapa nutrisi penting trimester ketiga yang perlu dipenuhi oleh bumil:

Omega-3 dan kolin

Perkembangan calon bayi terus berlanjut selama trimester ketiga, termasuk perkembangan sistem saraf dan otak. Sehingga, bumil perlu untuk mencukupi kebutuhan omega-3 dan kolin untuk mendukung perkembangan ini. Omega-3 dan kolin bisa dipenuhi dengan mengkonsumsi ikan berlemak (seperti sarden, salmon, dan tuna) serta telur yang kaya akan omega-ketiga.

Kalsium

Tulang bayi akan berkembang dengan cepat pada trimester ketiga ini. Oleh karena itu, bumil perlu mencukupi kebutuhan kalsium sebesar 1200 mg per hari. Selain itu, bayi dalam kandungan juga mulai menyimpan kalsium di dalam tubuhnya sebagai cadangan. Makanan yang kaya akan kalsium antara lain seperti susu dan produk olahannya, ikan bertulang, sayuran hijau, dan kacang kedelai. Untuk menjaga berat badan pilihlah susu dan produk susu yang rendah lemak.

Zat besi

Kebutuhan nutrisi ibu hamil trimester ketiga yang satu ini semakin meningkat saat mendekati masa kelahiran. Hal ini disebabkan semakin banyaknya jumlah darah yang dibutuhkan bumil dan calon bayi. Kekurangan zat besi saat masa kehamilan dapat mengakibatkan risiko BBLR dan risiko bayi lahir premature. Kebutuhan zat besi bumil pada trimester ketiga ini adalah sebesar 39 mg.

Kebutuhan zat besi bisa dipenuhi dengan mengkonsumsi daging merah, kuning telur, bayam dan brokoli, dan kacang-kacangan. Menu ini bisa dikombinasikan dengan makanan yang mengandung vitamin C. Vitamin C bagus untuk sistem kekebalan tubuh dan penyerapan zat besi oleh tubuh. Suplemen zat besi juga dapat memenuhi kebutuhan zat besi yang tinggi ini.

Seng

Pada masa trimester ketiga, kebutuhan seng akan meningkat 20 mg dibanding trimester kedua. Kebutuhan nutrisi seng yang tercukupi dengan baik dapat mencegah bayi lahir lebih awal atau prematur. Nutrisi seng bisa dipenuhi dengan mengkonsumsi makanan seperti seafood, daging merah,  sayuran hijau (seperti kangkung, brokoli, dan bayam), serta kacang-kacangan.

Vitamin A

Nutrisi ibu hamil trimester ketiga yang satu ini sangat penting untuk perkembangan mata. Kebutuhan vitamin A juga sedikit meningkat pada trimester ketiga kehamilan dibanding trimester kedua. Bumil harus mencukupi kebutuhan vitamin A sebesar 850 mikrogram pada masa ini. Vitamin A banyak terkandung pada makanan seperti sayuran wortel, tomat, ubi jalar, sayur bayam, telur dan susu.

Nutrisi ibu hamil trimester ketiga
Sayur dan buah sangat bagus untuk pemenuhan nutrisi ibu hamil. Sumber Unsplash

Itulah nutrisi yang harus diperhatikan. Pada trimester ketiga adalah persiapan kelahiran. Oleh karena itu untuk menyambut kehadiran si kecil persiapan sebelum aqiqah perlu di perhatikan oleh keluarga. Karena aqiqah merupakan anjuran dari Rasulullah yang perlu ditunaikan jika mampu, maka jika anda sibuk bisa mempercayakan pada jasa aqiqah di Jogja.

Informasi jasa aqiqah di Jogja bisa anda cari di mesin pencari semisal Google atau Yahoo, karena saat ini bisnis aqiqah sudah dipasarkan di internet. Dengan dibuatkan website yang dioptimasi oleh jasa optimasi website di Jogja maka informasi mengenai seputar aqiqah sangat mudah ditemukan.