Merawat bayi 1 bulan memang bisa dibilang gampang-gampang susah. Bagi ibu yang baru mempunyai bayi tentu masih takut untuk memandikan atau bahkan memakaikan baju. Belum lagi bayi yang baru lahir tampaknya hanya melakukan aktivitas seputar minum, makan, sampai mengompol. Maka dari itu artikel kali ini akan membahas cara perawatan sehingga awal kehidupan si kecil dapat seoptimal mungkin.

Karena selain untuk membantu pata ibu baru sekaligus untuk meminimalkan kesalahan yang bakal dilakukan oleh orang tua. Karena jika tidak belajar dengan membaca artikel seperti atau pun belajar dari orang tua, akan dipastikan akan kebigungan dalam merawat anak.

Cara Merawat Bayi 1 Bulan Dengan Sebaik Mungkin

Tentu bayi yang baru lahir masih perlu adaptasi dengan lingkungan. Dan si bayi tidak akan langsung mengetahui apa-apa yang disekitarnya secara naluri, orang tua mesti mengajari dari awal tentang apa-apa yang dilakukan.

Dan untuk menjaga dan merawatnya dengan benar maka berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk bayi 1 bulan:

1. Memantau berat badan si kecil

Merawat Bayi 1 Bulan Menimbang Bayi
Menimbang Bayi, src: hellosehat

Hal pertama yang perlu diketahui bahwa bayi yang baru lahir masih mempunyai banyak cairan dan cepat akan hilang. Dalam 1/10 hari ada perkembangan berat badan si kecil, selama 5 hari pertama berat bayi akan menurun dan 5 hari berikutnya akan kembali meningkat. Jadi saat menepati hari kesepuluh berat badan bayi akan kembali seperti berat badan saat ia dilahirkan.

Setelah berat badan bayi kembali seperti saat semula maka biasanya perkembangannya cukup cepat. Pada masa pacu sekitar hari ketujuh maupun kesepuluh bayi akan mengalami peningkatan berat badan. Minggu ke 3 maupun minggu ke 6 rata-rata berat badan bayi bertambah sekitar 20-30 gram sampai usia bayi satu bulan. Jadi pada umumnya bayi 1 bulan memiliki berat badan 4 kg.

2. Menjaga Kebersihan Tali Pusar Bayi

Seperti yang diketahui bahwa bayi yang baru lahir mempunyai tali pusar yang basah. Tali pusar biasanya baru terkelupas saat usia bayi memasuki 7 hari. Namun ada pula tali pusar yang terlepas pada hari kesepuluh ataupun empat belas. Maka sebaiknya tali pusar si bayi harus dijaga dan dirawat supaya tetap kering. Tidak perlu diberikan jamu-jamuan ataupun sabun karena tali pusar tersebut secara alami akan terlepas sendiri.

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan yaitu jika mengenakan popok bayi maka seharusnya jangan menutupi tali pusar sehingga permukaannya tidak basah ataupun terkena urin ataupun feses. Merawat bayi 1 bulan, Ibu juga tidak perlu tergesa-gesa memaksakan untuk melepas tali pusar karena bisa mengalami pendarahan ataupun infeksi.

Jika tali pusar bayi berbau, bernanah, dan mengeluarkan darah maka segera membawa si kecil ke dokter. Selain untuk mendapatkan perawatan yang lebih tepat, dokter juga akan memeriksa penyebab dan solusi yang perlu dilakukan.

Baca : Tips Merawat Bayi Menurut Islam

3. Memberikan Waktu Tidur Untuk Si Bayi

Merawat Bayi 1 Bulan Bayi Tidur
Bayi Tidur, src: amazon

Bayi yang baru lahir tentu memiliki rutinitas tidur yang panjang, setidaknya setiap hari si kecil selama satu bulan tidur selama 20 jam dengan durasi 20 menit sampai 4 jam. Ada baiknya menidurkan si kecil di atas rata yang lembut dan menempatkan ruangan yang sejuk tidak panas maupun terlalu dingin. Baringkan si kecil terlentang untuk menghindari penyakit SIDS.

4. Aturan Memandikan Si Kecil

Sebaiknya setelah bayi lahir tidak perlu dimandikan karena masih memiliki lapisan lemak pelindung kulit untuk menjaga suhu tubuhnya. Dibolehkan untuk mengelap si kecil dengan air hangat, 6 jam setelah kelahiran.

Selama tali pusar belum terlepas maka si kecil boleh dimandikan menggunakan air hangat dan spons. Jika tali pusar sudah terlepas maka boleh dimandikan dan dimasukkan ke bak air hangat. Ada baiknya pula untuk meminimalkan penggunaan kosmetik untuk si kecil karena kulit masih sangat sensitif.

Jadi itulah tips merawat bayi 1 bulan untuk para bunda-bunda yang baru mempunyai anak. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk kesehatan si kecil. Perhatikan pula pemilihan bahan kain untuk si kecil. Umumnya kain katun sangat cocok digunakan karena dapat menyerap keringat. Semoga bermanfaat, terima kasih.